Ini Bahayanya Pamer Boarding Pass di Sosial Media
Sumber: blog.tripvisto.com

Entertainment / 19 September 2016

Kalangan Sendiri

Ini Bahayanya Pamer Boarding Pass di Sosial Media

Lori Official Writer
3814

Sebelum pamer boarding pass Anda saat hendak berlibur di sosial media, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu fakta ini. Tanpa disadari tindakan narsis ini hanya akan merugikan diri sendiri loh!

Selain menimbulkan kecemburuan kepada teman-teman Anda, ternyata pamer boarding pass bisa mengundang timbulnya tindak kriminalitas seperti:

Pelacakan identitas diri si pemilik

Seperti disebutkan oleh Brian Krebs, pakar keamanan teknologi bahwa mengunggah foto boarding pass hanya akan memberi informasi lengkap soal data-data diri Anda kepada orang lain. Apalagi jika sampai barcode tiket tampil di sosial media karena ternyata di dalamnya berisi data informasi pribadi yang bisa dilacak. “Barcode dua dimensi dan QR code ini menyimpan banyak informasi. Dan kode yang dicetak di boarding pass akan membuat seseorang mencari data tentang Anda, rencana wisata ke depan dana kun penerbangan Anda,” ucap Brian.

Melakukan penipuan atas nama si pemilik tiket

Boarding Pass biasanya berisi identitas si pemilik seperti nama depan, nama belakang, asal penumpang, tempat tujuan serta frequent flyer number. Jika data-data ini jatuh ke tangan pelaku kejahatan, mereka bisa saja memanfaatkannya untuk tindakan penipuan.

Frequent flyer number yang tertera di sana bisa digunakan untuk mengubah atau mengacaukan itinerary si pemilik dan pelaku bahkan bisa mencuri data-data yang ada.

Perlu Anda ketahui bahwa pelaku kejahatan online sudah memiliki sistem teknologi canggih. Mereka bisa mencomot gambar boarding pass dari sosial media, lalu memasukkan ke dalam alat baca barcode yang tersedia di online dan gratis. Akan muncul semua identitas Anda.

Jika Anda memang ingin sekali berbagi informasi tentang keberadaan Anda kepada orang lain, akan lebih baik membaginya dengan orang-orang terdekat saja. Jadi bila ingin menikmati liburan seru dan menyenangkan, jangan pernah sembarangan membagi boarding pass Anda di sosial media ya!

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami